• SEKILAS INFO
728 x 90

Home / Kategori : Berita

Pemko Medan Terus Dorong Pembangunan Ketahanan Pangan

Badan Ketahanan Pangan, 

Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial. Karenanya ketersediaan pangan bagi masyarakat luas harus terjamin. Pemerintah Kota (Pemko) Medan bertekad akan terus mendorong semua pihak untuk bersama-sama mencapai ketahanan pangan yang kuat di Kota Medan.

“Untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat dibutuhkan tekad, kesungguhan, kerja keras, pendekatan sistematis dan koordinasi dari semua pihak, baik jajaran pemerintah daerah, dunia usaha sekaligus stakeholder di bidang pangan,” kata Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S, MSi ketika menghadiri Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-34 tingkat Kota Medan Tahun 2014 di Lapangan Pertiwi, Jalan Budi Pembangunan, Medan, Selasa (9/9).

Menurut Eldin, sektor pertanian pangan didominasi oleh kegiatan pertanian rakyat yang ciri khas sektor pertanian pangan itu harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan di bidang pangan. Kuncinya harus lebih banyak menerapkan hasil riset dan informasi teknologi pertanian pangan kepada seluruh petani.

“Hasil riset itu diharapkan mampu menjawab tantangan perubahan iklim yang terjadi saat ini. Pemko Medan sendiri akan terus mendorong program pembinaan dalam rangka pembangunan ketahanan pangan kita yang semakin kuat,” ujarnya.

“Sebab, kita menyadari dengan terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu gizinya sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan,” tambah Eldin.

Eldin berharap kepada para stakeholder di bidang ketahanan pangan dapat lebih inovatif dan kreatif lagi, sehingga melahirkan terobosan dan gagasan baru guna menguatkan penganekaragaman konsumsi pangan. Apalagi Kota Medan merupakan kota multikultural, sehingga sangat mendukung keanekaragaman produk kuliner yang dapat dihasilkan.

Wali Kota Medan yang hadir didampingi Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, juga berharap seluruh rangkaian acara peringatan HPS ini, dapat memberikan pengalaman dan edukasi yang luas bagi semua. “Harapan kita even ini ikut membantu pembentukan masyarakat kota yang cerdas, andal serta berkarakter kuat,” harapnya.

Usai memberikan sambutan, Eldin didampingi istri selanjutnya memberikan hadiah bagi para pemenang serangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka Peringatan HAN ke-34, seperti lomba cipta menu pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Kota Medan, cerdas cermat B2SA bagi anak SD se Kota Medan, lomba masakan serba ikan, lomba penyuluhan pendamping kegiatan ketahanan pangan, dan pameran produk olahan (home industry).

Kemudian Eldin memberikan makanan B2SA kepada 210 anak gizi kurang di 6 kelurahan secara simbolis, pemberian bantuan sarana/prasarana rumah pangan lestari kepada 2 kelompok. Lalu pemberian bantuan sosial masyarakat kepada 20 kelompok berupa peralatan mesin produksi serta pemberian bantuan sarana/prasarana pemanfaatan lahan perkarangan kepada 4 kelompok binaan.

Setelah itu, Eldin bersama istri didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, pimpinan SKPD dan Ketua Dharma Wanita Kota Medan Hj Sutia Saidah Syaiful Bahri meninjau stand pameran yang menampilkan produk olahan (home industry) dan masakan etnis yang diperlombakan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Medan Hj Emilia Lubis, dalam laporannya mengatakan, peringatan HPS tahun ini yang mengusung tema ‘Pertanian Bio Industri Berbasis Pangan Lokal Potensial’ bertujuan meningkatkan pemahaman para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya.

“Selain itu juga untuk menstimulus dan memotivasi para stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan ketahanan pangan, sekaligus penyebaran teknologi yang efektif dan efisien untuk peningkatan produksi pangan serta pertanian bio industri berbasis pangan lokal potensial,” kata Emi. (*)

0 Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Komentar



Info Terkini

Link Terkait

Agenda

Video

,

Indeks Berita

Polling

    Apakah Badan Penanaman Modal telah cukup memberikan informasi kepada publik

     Lumayan
     Kurang
     Sangat Bagus

Statistik

    Pengunjung Online : 2
    Kunjungan hari ini : 26
    total hits: 33623